spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Balikpapan Mulai Siapkan Debat Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pilkada 2024

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan saat ini sudah mulai menyiapkan pelaksanaan debat Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono mengatakan, rencanaya debat Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada 2024 akan digelar sebanyak 3 kali.

“Rincian pelaksanaan debatnya pertama adalah debat calon Wali Kota, kemudian debat calon Wakil Wali Kota dan yang terakhir seluruh Paslon, baik calon Wali Kota maupun Wakilnya,” ujarnya, Senin (14/10).

Lebih lanjut Prakoso Yudho Lelono menjelaskan, berdasarkan jadwal Pilkada 2024 pelaksanaan debat tersebut akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Dimana dua debat awal akan dilaksanakan di Kota Balikpapan dan yang terakhir di Jakarta.

“Cuma masalahnya itu, untuk di Balikpapan kita belum menentukan lokasi debat itu dimana. Itu nanti akan kita koordinasikan dulu dengan tim masing-masing Paslon,” jelasnya.

Dalam debat Paslon nanti, masing-masing Paslon diperkenankan untuk membawa para pendukungnya, namun KPU Balikpapan tetap akan membatasi jumlahnya. Namun, sebagai bentuk keterbukaan informasi, KPU Balikpapan akan menyiarkan secara langsung debat tersebut, baik melalui stasiun tv lokal ataupun Youtube.

Baca Juga:   Pemkot Balikpapan Keluarkan SE Wali Kota Soal Penjualan BBM Eceran dan Pom Mini

“Boleh membawa pendukung, tapi dibatasi. Nggak semua bisa masuk arena debat.Debat ini juga di izinkan untuk kembali disiarkan ulang. Tapi kita juga ada live-nya, di tv lokal atau youtube,” tambah Ketua KPU Balikpapan.

Sementara itu untuk panelis debat Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada 2024 ini, KPU Balikpapan akan membentuk tim perumus yang berisikan akademisi, hingga tokoh masyarakat. Mereka akan mengolah berbagai pertanyaan seperti kesiapan Paslon yang menyangkut visi-misi serta tema.

“Visi-misi ini dirincikan dalam bentuk program yang menyangkut kebutuhan dasar publik,” ujar Yudho lagi.

Dari ketiga debat tersebut, akan berlangsung selama 120 menit, mulai dari perkenalan, penyampaian visi-misi, program kerja dan sebagainya.

“Nanti dipecah-pecah lagi 120 menit itu, nanti tim perumus yang membantu KPU Balikpapan terkait ini,” tutupnya.

Seperti diketahui, pada pelaksanaan Pilkada tahun 2024, Kota Balikpapan memiliki 3 Paslon, yakni pertama Ramhad Mas’ud dan Bagus Susetyo, kedua Rendi Susiwo Ismail dan Eddy Sunardi Darmawan serta ketiga Muhammad Sa’bani dan Syukri Wahid.

Baca Juga:   Hadiri HUT Apeksi ke 24, Basri Harap Sinergitas Antar Apeksi Tetap Terjaga

Penulis: Aprianto

BACA JUGA