spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Akan Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah di Indonesia di IKN

BALIKPAPAN – Sebelum Upacara HUT Kemerdekaan, Presiden Joko Widodo akan kembali mengumpulkan seluruh Gubernur, Wali Kota dan Bupati se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu disampaikan Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik saat memimpin rapat koordinasi persiapan pertemuan tersebut, Senin (5/8).

Akmal mengatakan, rencananya pertemuan antara Presiden Joko Widodo bersama Gubernur, Wali Kota dan Bupati di IKN, akan berlangsung pada Selasa (13/8) atau minggu depan.

“Para kepala daerah diundang Bapak Presiden di Istana Garuda. Insyaallah akan dilaksanakan pada Selasa 13 Agustus nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut Akmal Malik menjelaskan, pertemuan para kepala daerah dengan Presiden Jokowi yang akan didampingi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Istana Garuda IKN, direncanakan akan dibagi dalam dua sesi di hari yang sama.

Pada sesi pertama sekitar pukul 09.00 Wita pertemuan Wali Kota dan Bupati dengan Presiden Jokowi. Kemudian pukul 11.00 Wita pertemuan Gubernur dengan Presiden Jokowi.

“Para Gubernur, Wali Kota dan Bupati akan menggunakan pakaian PDH dengan atribut lengkap kepala daerah,” jelasnya.

Baca Juga:   Diduga Api Berasal dari Pom Mini, Belasan Bangunan di Sungai Ampal Terbakar

Akmal menambahkan, para kepala daerah akan mendarat di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, kemudian bersama-sama ke IKN dengan transportasi bus.

“Minimal H–1, para Gubernur, Wali Kota  dan Bupati sudah berada di Kaltim dan berkumpul di Balikpapan untuk bersama-sama menuju IKN,” tambahnya.

Para kepala daerah bakal menginap bersama Presiden Jokowi di Hotel Nusantara IKN. Khusus pendamping ataupun ajudan kepala daerah tidak ikut serta ke IKN.

“Dari Hotel Nusantara, para kepala daerah bergerak menuju Istana Garuda, naik kendaraan yang disiapkan Otorita IKN. Sedangkan para ajudan tidak menginap di IKN tapi di sekitaran Balikpapan. Yang berangkat hanya Gubernur, Wali Kota dan Bupati saja,” tambahnya.

Terkait ketersediaan akomodasi atau hotel, sesuai hasil identifikasi dari tanggal 11 sampai 13 Agustus tersedia 306 hingga 422 kamar dari bintang 2 hingga bintang 5.

“Informasi ini baik transportasi atau akomodasi akan kita sampaikan ke kantor-kantor penghubung masing-masing daerah untuk bisa menghubungi pihak hotel,” tegas Akmal Malik.

Usai pertemuan dengan Presiden dan Mendagri, para Gubernur, Wali Kota dan Bupati langsung kembali ke daerah masing-masing.

Baca Juga:   Melonjak, Polda Kaltim Ungkap 1.710 Kasus Narkoba di Tahun 2023

Penulis: Aprianto

BACA JUGA