spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kota Balikpapan Jadi Tuan Rumah APEKSI ke-17, Persiapan Sudah 99 Persen

BALIKPAPAN – Kota Balikpapan terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-17, mulai 1-6 Juni 2024.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengatakan, untuk pelaksanaan APEKSI tahun 2024 di Kota Balikpapan persiapan sudah mencapai 99 persen yang akan dibuka pada 4 Juni mendatang.

“Terkonfirmasi kegiatan pembukaan akan dibuka langsung Presiden, Joko Widodo,” ujarnya, Selasa (28/5/2024).

Lebih lanjut Rahmad menjelaskan, pada perhelatan APEKSI ke-17 ini akan ada 79 Kepala Daerah yang positif hadir, Sekda 11 orang dan ada 13 belum terkonfirmasi dari 98 Wali Kota se-Indonesia.

“Total rombongan dari 98 kepala daerah ini bisa mencapai 5 ribu orang,” jelasnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini juganakan diaakan karnaval budaya yang menampilkan dari masing-masing daerah. Sehingga diimbau warga Balikpapan untuk memeriahkan.

Adapun agenda utama APEKSI ini untuk pemilihan Ketua APEKSI periode 2024-2029. Di mana pihaknya juga akan menjelaskan Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN.

“Jangan sampai warga Balikpapan hanya sebagai penonton, termasuk permasalahan infrastruktur, air bersih juga akan disampaikan dalam APEKSI,” tambah Rahmad.

Baca Juga:   Sebulan Lebih Warga Rengganis Tak Rasakan Air Bersih dari PTMB

Nantinya para pelaku UMKM akan dilibatkan sekitar 200-an yang akan tersebar dibeberapa titik kegiatan. Sehingga para UMKM harus memberikan pelayanan yang maksimal, agar para tamu bisa terkesan dengan Kota Balikpapan.

“Sehingga ada catatan baik bagi Kota Balikpapan selama APEKSI berlangsung, jadi pelayanan yang diberikan harus maksimal,” tutupnya. (RB)

BACA JUGA